26.3.11

Mengenal produk Lebah


Lebah ....
Serangga yang sangat dikenal oleh siapapun apalagi bagi mereka yang pernah di sengat lebah tentu sangat ingat dengan serangga ini,
Yang akan dibahas bukannya sengatan lebah tetapi hal-hal lain dari sengatan lebah.
Sengatan lebah dalam beberapa kejadian menimbulkan bahaya paling tidak ada bagian tubuh yang tersa sakit karena sengatnya tertinggal di kulit yang disengat dan didalam sengat yang tertinggal itulah terdapat racun yang bisa menyebar dalam aliran darah. Namun sengat lebah juga bisa digunakan untuk pengobatan , di masyarakat dikenal dengan pengobatan sengat lebah .

Madu
Dibuat lebah dengan fermentasi dari nectar bunga didalam saluran pencernaannya. Setelah mengalami perubahan bentuk dikeluarkan kembali berupa madu dan disimpan dalam sarang.
Madu dikenal sebagai produk yang tidak mengalami perubahan bentuk, mengandung bahan bergizi tinggi, kaya zat gula, kaya suplemen.

Royal jelly
Merupakan susu ratu lebah hasil sekresi kelenjar khusus yang terbentuk dibagian kepala ratu , warna royal jelly putih, kental dan rasanya asam. Royal jelly ini digunakan sebagai makanan lebah muda yang masih dalam bentuk larva.
Nutrisi dalam royal jelly sangat tinggi, mengandung asam amino, lemak dan vitamin

Pollen
Sebutan lainnya adalah tepungsari, terdapat pada kepala putik  bunga dalam bentuk serbuk halus yang oleh lebah pekerja serbuk halus ini dikumpulkan untuk makanan larva.

Malam / Lilin lebah
Merupakan hasil metabolisme kelenjar khusus dalam tubuh lebah yang selanjutnya dikeluarkan lebah lewat ruas-ruang bagian belakang. Lilin dipergunakan lebah untuk membangun sel-sel segienam dalam sarangnya.

Perekat lebah
Lebih dikenal dengan sebutan propolis, merupakan perekat yang dikumpulkan lebah-lebah pekerja dari tunas , ranting dan daun yang dihinggapinya. Perekat ini dibawa lebah kedalam sarang dalam bentuk butiran halus dan dibawa di kantong kaki belakang.
Oleh lebah propolis dipergunakan untuk menutup celah-celah dalam sarangnya.
Propolis memiliki bau yang khas dan segar

Produk  Lebah
Kegunaan
Madu
bermanfaat untuk obat dan kosmetik.
Royal jelly
Diperlukan dalam industri kosmetik
Pollen
Diperlukan dalam indusirri farmasi
Lilin lebah
Diperlukan untuk industri batik dan farmasi
Propolis
dipergunakan dalam industri mebel dan obat.

Mengenai propolis sebagai obat silahkan baca artikel di posting terdahulu.