26.3.11

Ponsel terkena air


Ada saja penyebab kerusakan ponsel, mungkin terbentur benda keras, jatuh atau terkena air. Mungkin ponsel terkena air sering di jumpai karena pengguna ponsel membawa pesawat komunikasi itu kemanapun termasuk ke kamar mandi yang kadang berujung jatuh ke dalam bak air atau sering ponsel terkena air sebab kehujanan.
Air merupakan salah satu dari sekian musuh barang-barang elektronika ( dalam hal ini ponsel), segera membawa ke tehnisi ponsel adalah suatu tindakan yang sangat tepat bila ponsel terkena air. Namun bila ada keinginan untuk memberi pertolongan pertama pada ponsel terkena air bisa saja dilakukan tetapi kadang tidak begitu optimal mengingat peralatan yang tidak mendukung tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.
Upaya pertolongan pertama pada ponsel yang terkena air sebenarnya tidak boleh sembarangan karena bisa menyebabkan  makin rusaknya ponsel karena salah prosedur dalam tindakan darurat , ada baiknya menyimak saran –saran berikut:
  • Jika ponsel kedapatan dalam keadaan terendam air segeralah dikeluarkan secepatnya untuk mencegah air masuk kedalam komponen bagian dalam ponsel. Pernah ada ponsel yang ikut terendam beberapa jam didalam air deterjen karena ponsel itu berada dalam saku pakaian tanpa diteliti buru-buru direndam baru sadar ketika akan mempergunakan ponsel itu dicari-cari ketemu dalam rendaman air deterjen.
  • Segera lepaskan baterai dari dalam ponsel  ketika ponsel terkena air, hal ini adalah tindakan yang harus dilakukan sesegera mungkin untuk memutus arus yang mengalir dalam ponsel, memutuskan aliran sumber daya adalah langkah penting untuk meminimalkan resiko kerusakan komponen ponsel. Beberapa ponsel ada yang dirancang tahan air tetapi bila terlalu lama terendam air akan menimbulkan gangguan yang serius juga,  komponen sebenarnya juga ada yang tahan terkena air asal tidak terhubung dengan sumber daya ( dalam hal ini baterai)
  • Keringkan ponsel dengan hati-hatian, bisa menggunaka kain yang lembut dan menyerap ait atau tisu, alat pengering rambut ( tetapi jangan sampai terlalu panas terkena angin pengering tersebut), bisa juga di kipasi atau diletakan silika gel. Beberapa kasus ada pengguna meletakan ponsel yang terkena air dalam beras, atau diletakan diatas televisi yang menyala. Sebenarnya bisa saja melakukan tindakan lainnya asal air itu bisa kering, mungkin bisa di jemur dengan melepas komponen yang rentan terhadap panas seperti LCD. Tidak diperkenankan menggunakan microwave untuk mengeringkan ponsel yang terkena air karena ponsel bisa meledak.
  • Keluarkan dan keringkan SIM card untuk mencegah adanya kemungkinan rusaknya atau hilangnya data-data penting, biarkanlah terlebih dahulu SIMcard tersebut kering sebelum mengecek atau memasang ke ponsel
  • Yang tak kalah pentingnya adalah mengeringkan baterai sebagai sumber daya utama dalam ponsel
  • Jika sudah yakin ponsel telah kering cobalah untuk menghidupkan, jika masih bermasalah periksalah pesawat komunikasi itu berserta baterainya, jika baterainya yang rusak segera ganti baru dan bila tetap ada masalah berarti ponsel tersebut ada masalah dan harus diselesaikan dengan membawa ke tehnisi ponsel karena ada alat-alat yang mendukung untuk pertolongan pada ponsel tersebut.