26.4.11

Layar sentuh

Pada awal mulanya ponsel menggunakan layar monocrom dengan ukuran yang kecil sehingga ada  ponsel yang menu pesan singkatnya tulisan tampil bergerak kesamping ( kanan ke kiri ), kemudian muncul layar yang agak besar dengan tulisan atas ke bawah untuk tetapi masih monocrom. Beberapa waktu kemudian ponsel menggunakan layar warna dengan berbagai teknologi layar warna yang terus disempurnakan.
Teknologi layar terus berkembang hingga ponsel mulai menggunakan layar sentuh, ada beberapa kategori layar sentuh sebagai berikut:

1. Resistive Screen
Layar  dengan dua lapisan Konduktif dan Resistif serta lapisan pemisah yang transparan diantara kedua lapisan tersebut.
Lapisan konduktif adalah lapisan yang mudah menghantarkan sinyal listrik sedangkan lapisan Resistif adalah lapisan yang menahan arus listrik. Pada lapisan Konduktif ini ada arus listrik mengalir yang dijadikan sebagai arus referensi, ketika ada sentuhan dua lapisan akan saling berhubungan dan terjadi gangguan arus listrik referensi yang kemudian digunakan untuk menentukan koordinat dan posisi dari sentuhan tersebut.

2.Capasitive Screen
Layar dengan pembungkus bersifat kapasitif pada seluruh permukaan panel dan dilengkapi lapisan berbahan Indium Tinoxide yang mampu menghantarkan arus listrik untuk diteruskan ke sensor.
Layar ini memanfaatkan muatan listrik tubuh sehingga bekerja dengan sentuhan stylus atau jari. Saat posisi normal sensor akan mengingat nilai arus listrik sebagai nilai referensi dan ketika ada sentuhan nilai referensi akan berubah sebab arus listrik yang berubah masuk sensor. Nilai perubahan tersebut digunakan untuk mengetahui posisi dari sentuhan hasil kerja kontroler yang berada di empat sudut  layar.

3. Surface Acoustic Wave System
Layar yang memanfaatkan gelombang ultrasonik sebagai detektor dipermukaannya tanpa pelapis metalik dan tanpa lapisan sensor, sebuah lapisan kaca ditempatkan diatasnya. Terdapat dua tranduser pengirim dan penerima serta reflektor guna menjaga agar gelombang ultrasonik tetap berada pada layar.
Ada dua tranduser pada posisi vertikal dan dua tranduser pada posisi horizontal. Ketika layar disentuh ada gelombang yang diserap oleh sentuhan, ketika disentuh jari maka akan membuat perubahan bentuk gelombang yang dipancarkan dan perubahan ini diterima penerima untuk diterjemahkan sebagai data ke kontroler.