19.4.11

Aksesibilitas

Diberbagai forum dialog OPC maupun LSM  istilah "Aksesibilitas" suatu kata yang sering digunakan atau dengan kata lain menjadi isu penting dan hal yang sedang diperjuangkan oleh teman teman difabel.
Sebuah gedung dimana semua orang bisa masuk, bergerak dengan bebas didalamnya, dapat menggunakan fasilitasnya serta bisa meninggalkan bangunan itu dengan mudah maka gedung itu dapat dikatakan sebagai gedung yang akses. Ketika teman teman difabel suatu ketika menggunakan fasilitas umum terkadang tidak bisa menggunakannya dikarenakan ada hambatan untuk menggunakan fasilitas tersebut misalnya toilet yang berpintu sempit pengguna kursi roda jelas tidak akan bisa masuk maka dikatakan fasilitas tersebut tidak akses bagi pengguna kursi roda ( difabel ).
Istilah "Aksesibilitas" juga dapat dilihat pada Undang undang No 4 tahun 1997 ,pasal 10 ayat 1 :
Kesamaan kesempatan bagi penyandang cacat dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan dilaksanakan melalui penyediaan aksesibilitas

Aksesibilitas dapat didefinisikan suatu kondisi untuk menyediakan lingkungan bebas hambatan untuk kemandirian, kenyamanan dan keamanan bagi semua orang.
Ketika bersinggungan dengan teman teman difabel tentunya sebuah lingkungan yang bebas hambatan bagi mereka untuk bisa menggunakan fasilitas yang ada.

Beberapa bentuk Aksesibilitas
1. Ramp atau jalur perlintasan yang memiliki bidang kemiringan tertentu sebagai alternatif bagi yang tidak bisa menggunakan tangga
2.Jalur pemandu untuk berjalan dengan memanfaatkan tekstur ubin pengarah dan ubin peringatan. Daerah yang dirasa perlu dipasang seperti pintu keluar masuk, jalur pejalan kaki
3.Pendidikan inklusif
4.Komunikasi Total bagi Tuna Rungu
5.Komputer atau buku bicara

Asas asas aksesibilitas :
-Kemudahan
bahwa setiap orang dapat mencapai semua tempat umum dalam suatu lingkungan
-Kegunaan
bahwa setiap orang harus dapat mempergunakan semua tempat umum dalam suatu lingkungan
-Keselamatan
bahwa setiap bangunan harus memperhatikan keselamatan semua orang
-Kemandirian
bahwa setiap orang harus bisa mencapai, masuk dan mempergunakan semua tempat dalam suatu lingkungan tanpa membutuhkan bantuan orang lain.